Selasa, 26 Agustus 2014

Menuju Sumba Pulau Organik

Beberapa hari ini ada yang menggembirakan.  kawan -kawan dari Jawa Barat dan Menado sengaja datang berkunjung ke Pulau Sumba,NTT. mereka sengaja berkunjung ingin melihat secara langsung tentang kiprah dan pemberdayaan terhadap masyarakat petani di Simba Timur.

Alasannya sering melihat postingan di fb pada Group Sumba Pulau Organik, tentu saja postingan tersebut menjadikan mereka penasaran,sebab Sumba Timur yang dikenal kering dengan kemarau panjangnya bisa tumbuh subur sayurab organik.

Untuk menjawab alasan tersebut sengaja diajak ke beberapa kelompok agar lebih nyata jika melihat langsung di lapangan. setelah melihat langsung .Ada rasa kaget dan takjub apa yang dilihatnya. "Tahun 2007 ketika ke sini sangat berbeda dengan sekarang,ini merupakan sebuah kemajuan pesat menjadikan Sumba sebagai Pulau yang organik." kata Kang Said Abdulah,anggota IPPHTI perwakilan Jawa Barat.

Saat berkeliling ke kelompok binaan mereka seolah tak percaya bahwa jenis hortikultura bisa tumbuh bagus dan normal. "Jika melihat antusiame masyarakat sangat tinggi.mungkin karena sayuran cepat menghasilkan.lagi pula ada perubahan paradigma yang lebih penting." Ujar Teteh Dhila temannya Kang Said.

Inilah Sumba ,mungkin sekarang ini sebagian sayuran hanya di kirim dari luar Pulau,namun beberapa tahun ke depan sudah mandiri.sebab dengan adanya pemberdayaan para petaninya. senoga saja dengan keinginan meenjadikan pulau yang organik pertama di Nusantara akan segera terwujud.
Alasannya sudah jelas ,bahwa air,udara dan tanah yang dimiliki belum terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia sintetis ,tidak seperti dibelahan bumi Nusantara yang lain.



 
Namun tentu saja untuk menuju ke arah sana tidak mudah butuh keuletan dang pola kerja sama dengan semua pihak. Hingga detik ini pihak pemerintah setempat  belum menanggapinya secara serius padahal pola inilah yang akan menjawab segala kebutuhan pangan bagi warganya,sayang dan ironis memang......

Semoga dengan semangatnya para petani setempat meski belum adanya dukungan langsung dari Pemda setyempat akan teru berkarya demi mewujudkan kesejateraan mereka sendiri.

Ya ..Semoga Pu;au Sumba bisa Menjadikan Pulau organik yang pertama di Nusantara.

Rahmat Adinata,Waingapu 24/8/14














Tidak ada komentar:

Posting Komentar