Kamis, 14 Agustus 2014

IPPHTI : Dulu Gersang Kini Anugrah Di Sumba Timur

Hasil dari perjuangan menyiasati alam
 Alam penuh misterius itulah sebuah ungkapan yang membutuhkan referensi bagi orang-orang yang mau berpikir. Semua makluk hidup yang diciptakan oleh pengusasa semesta ini berada di alam.

Memberikan solusi bagi petani
Secara logika keberadaan atau kondisi alam di Kabupaten Sumba Timur sangatlah ekstrim akibat dari panas yang terik dampak dari  matahari panjang ,sehingga beakibat  pada tingkat kekeringan yang tinggi .maka tidak mengherankan hampir padang-padang rumput mengering dan berubah warna , Tanah-tanah retak sebab penguapan yang tinggi, sedangkan musim hujan hanya sebentar saja,terhitung mulai bulan januari hingga puncaknya pada bulan April,namun itulah keberadaan alam kadang selalu berubah-ubah iklimnya.Hanya yang pasti kondisi di Sumba Timur sangat berbeda dengan Kabupaten lainnya yang berada di Pulau Sumba.
Mendapatkan pemahaman adalah hak petani juga

Kondisi demikian tentu saja tidak cukup dengan hanya mengeluarkan tarikan napas sebagai keluhan. harus berjuang keluar dari kesulitan yang membelenggu serta mengubajnya sebagai anugrah dari Sang Pencipta.

Disaat kita mengajak untuk berkumpul pada masyarakat demi keluar dari kesulitan ini tidaklah sulit,namun jangan mengganggap enteng. sebab bebrbagai strata sosial harus menyatukan alam pikirannya dalam menyiasati alam ini.

Alam sudah menyediakan segalanya
"Awalnya mereka bingung harus dimulai dari mana dan bagaimana caranya pengolahan lahan ini agar bisa berdaya guna bagi masyarakat." Ungkap Heirich Dengi warga Kalu yang menggerakan pemanfaatan lahan gersang ini.

"Masyarakat bukan malas namun lebih karena mereka tidak mengetahui caranya." ungkapnya lagi
Merawat dengan hati
Terkadang jika mau jujur keberadaan negara kita yang katanya sebagai negara "AGRARIS" tidak mampu berbuat banyak dalam pemenuhan kebutuhan pangan bagi penduduknya, sebab hampir sebagian besar kebutuhan pangan dalam negri dipasok dari negara luar.

Inilah mungkin substansi yang sebenarnya,bahwa masyarakat petani perlu dibekali pengetahuannya,bahwa posisi petani harus dimanusiakan,posisi petani harus dimuliakan dengan segala hak-haknya.
Pertumbuhan yang bagus sebagai balasan alam
Begitupun dengan kondisi masyarakat di Kabupaten Sumba Timur,Sebagian besar mata pencahariannya  sebagai petani.harus ada perubahan dalam membimbing petani dalam memberdayakannya.

Bisa dijadikan sebagai terafi jiwa
"Sebetulnya areal pertanian di Kabupaten Sumba Timur paling lusa bila dibandingkan dengan Kabupaten lain,namun sepertinya kita jalan di tempat." Ujar Heinrich Dengi, seperti menyesalkan daerahnya.

Dalam mengantisifasi alam yang ada .Awalnya tanah dengan kondisi gersang seperti tak akan memberikan kehidupan,namun dengan mencerdaskan lewat pemahan kepada masyarakat petani dengan sendirinya alampun akan membalas akan perjuangan dan jerih payah kita.

"Seperti mimpi jika ingat tiga bulan lau kemudian melihat kenyataan sekarang.dimana sayuran organik tumbuh hijau." kata Umbu Rihi, mengenang perjuangannya.

Alam penuh misterius itulah tanda -tanda bagi orang yang mau berpikir.



(Rahmat Asinata,Waingapu 14/8/14)

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar