Jumat, 22 Agustus 2014

Berkoordinasi Dengan Pemangku Kebijakan Pusat

Bersama Dirjen Bangda Kemendagri :Bp Sigit Widodo Pudjianto SH,MPH.
 Dalam memberdayakan masyarakat agar mampu sejahtera,banyak jalan yang bisa dilakukan,walau hal ini sering menemui kendala baik dari pemangku kebijakan maupun kendala langsung di lapangan.
inilah yang harus dipahami oleh semua elemen masyarakat,bahwa mencapai kesejahteraan tidak semudah membalikan telapak tangan,artinya butuh proses.

Bersama Direktur Winrock Internasiona : Bernard &Pemda SumbaTimur
Terkadang saat membimbing sebuah program yang sedang dijalankan butuh keuletan ,terlebih menghadapi masyarakat baru.bagamana membongkar masalah menjadikan sebuah potensi bagi masyarakat itu sendiri.Dari mulai pendekatan budaya,karakteristik masyarakat setempat hingga mampu merubah paradigma agar tumbuh berkembang.

Memahami terklebih dahulu kultur yang ada di masyarakat merupakan awal substansi bagi terbentuknya pendekatan pada warga yang akan diberdayakan..

Baru-baru ini tanggal 20 hingga 22 agustus 2014,diadakan Lokakarya dengan tema :Rapat Koordinasi Kementrian Pemerintah Daerah dengan Winrock Internasional,yang bertempat di Hotel Orchadz Jakarta.
Adapun Peserta yang diundang adalah : Para Pejabat Bina Bangda Kemendagri bagian Ekonomi Daerah,Peserta dari kalimantan Selatan, Pemda Sumba Timur serta konsultan Pertanian (saya).dari winrock Internasional bagian Pulau Sumba,NTT.

Dalam paparan Dirjen Bina Bangda Kemendagri Bpk Sigit widodo Pudjianto,SH,MPH. bahwa masyarakat berhak mendapatkan kesejahteran melalui pemberdayaan dari berbagai lembaga ,baik pemerintah maupun non pemerintah atau NGO (Non Govermen Organisation) yang diwakili Winrock Internasional.

Rahmat Adinata,Nenden M, Lukyta 21/8/14
Hasil rumusan dari lokakarya tersebut adalah menekankan pentingnya kerjasama lembaga asing (LSM) Internasional  dengan pemerintah pusat,daerah serta masyarakattyang diberdayakannya. selain itu adanya evaluasi serta dokumen cerita sukses dan hambatannya dalam pemeberdayaan.

Diharapkan dengan adanya Evaluasi dan dokumen di atas akan mampu memacu pada daerah-daerah untuk menuju perubahan yang signifikan.

Inilah mungkin harapan dengan adanya lembaga swadaya Masyarakat Internasional akan membantu dalam pelaksanaan peningkatan Sumber daya Manusian dengan inovasi-inovasi baru bagi masyarakat Indonesia.
Pak Daniel,Bernard Castemard dan Pak Bargam
Jajaran Pemda Sumba Timur
Rahmat Adinata,Hotel Orchardz Jakarta,22/8/14








Tidak ada komentar:

Posting Komentar