Kamis, 05 September 2013

"Kekeliruan......!

Indonesia merupakan sebuah negara "agraris". sebagai negara yang subut makmur dengan dihuni oleh jutaan petani yang berpropesi sebagai pengolah lahan mestinya  harus seimbang antara biaya produksi kebun dan hasil panen yang didapat, kemudian lebih utama adalah wawasan sumberdaya manusia yang dimiliki oleh para petani atau masyarakat itu sendiri.
namun harapan di atas untuk saat ini hanyalah tinggal hayalan saja .sebab baru baru ini terjadi suatu kekeliruan kecil yasng mengakibatkan kepatalan bagi tanaman sebagai dampak ahirnya.
kejadiaannya begini{ vertiper akar wangi nama sejenis rerumputan yang mampu mengikat tebing karena kekuatan akarnya, sehingga banyak dibudidayakan atau ditanam di tebing-tebing untuk menghindari longsor atau  penguat.
sewaktu tanam setahun yang lalu vertiper tumbuh subur, setelah itu dipangkas daunnya. tujuannya supaya cepat berkembang biak, kemudian ditabur dengan pupuk sayangnya pupuk yang ditabur adalah jenis urea atau kimia, sehingga tadinya akar wangi ingin tumbuh subur malah sebaliknya terbakar.
kejadian inilah mungkin seringkali menghinggapi para petani kita, itu dikarenakan mereka tidak tahu caranya hingga melahirkan kerubian yang cukup lumayan.
harus dibongkar ulang oleh : Wayan King dan Wayan Asta
akibat diberi pupuk urea batang terbakar
vertiper yang ditabur urea ahirnya kering



(Rahmat Adinata,Ubud Gianyar Bali, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar