Sabtu, 27 Oktober 2012

Membuat Kompos, bersama SLPO Makamenggit Sumba Timur



Kompos atau pupuk organik padat sangat dibutuhkan untuk tanaman, sebagai penyedia makanan serta mampu memperbaiki sipat biologis dan kimia tanah. namun sayang orang -orang sudah terbiasa dengan barang barang instan, seperti pupuk kimia yang merusak tanah dengan pemakaina yang berlebihan, dampaknya bisa melahirkan kerusakan pada lingkungan dan kesehatan manusia karena tingkat residu yang diserap oleh tanaman.

Di sumba Timur yang sudah terkenal sejak dulu sebagai lumbung ternak, kotoran hewan belum mampu dimanfaatkan dengan maksimal. dampak nya kebutuhan pangan selalu mwenjadi langganan setiap tahun.
inilah yang harus disikapi serta disiasati oleh semua pihak, terutama pihak pemda setempat.






Pangan adalah kebutuhan nomer satu bagi kebutuhan masyarakat, tapi jika pengetahuan, pemahaman petani tentang alam tidak dibekali sama saja bohong....!!!

memberdayakan petani dimanapun adalah satu keharusan. kita harus  merasa malu dengan sebutan sebagai Negara "AGRARIS" namun pangan masih kurang, masih banyak rakyat miskin. Padahal tanah-tanah subur. negara yang kaya dari lautan dan daratannya. tapi jika rakyat dan yang mempunyai kebijakan di atas seperti minyak dengan air, selamanya akan ketergantungan pada pihak luar.

Sekarang sudah masuk dalam tahap bahaya, kekayaan digadaikan kepada pihak asing, dikeruk dibawa ke luar, sementara rakyatnya  mengejang kelaparan, bagai tikus mati di lumbung padi. ironis....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar